TUGAS HUKUM DAGANG DAN PERDATA

HAK MERK

pengertian berdasarkan pasal 1 UU No. 15 tahun 2001. Merk adalah berupa gambar, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Hak atas merk adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik merk yabg terdaftar dalam daftar umum merk untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri merk atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

  • Merk yang tidak dapat didaftarkan.

Apabila merk tersebut mengndung salah satu unsur :

  1. Bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan, atau ketertiban umum;
  2. Tidak memiliki daya pembeda;
  3. Telah menjadi milik umum, atau;
  4. Merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohon pendaftarannya.
  • Pendaftaran Merk.

Kepada Direktorat Jendral Merk Departemen Kehakiman & HAM dan setiap permohonannya yang telah disetujui akan memperoleh sertifikat merk.

Penggunaaan judul film sebagai sebuah merek minuman yang didaftarkan Agus Sudjojo, pengusaha asal Purwokerto, digugat perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki Tom Cruise, di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta PusaBerdasarkan berkas gugatan yang diperoleh Primair Online, Rabu (28/10), perkara ini bermula, saat distributor film karya Ian Flemming berjudul Chitty Chitty Bang Bang, United Artist Corporation (Delaware Corporation) serta Danjaq LLC (Delaware Ltd Liab Co) keberatan atas penggunan judul filmnya yang telah digunakan untuk merek minuman oleh pengusaha lokal asal Purwokerto Jawa Tengah bernama Agus Sudjojo.

Perusahaan yang sebagian besar sahamnya dikuasasi oleh aktor Tom Cruise dan rekan-rekannya itu, pun mengirimkan gugatan pembatalan merek ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tertanggal 5 Agustus 2009.

Mereka menuntut Agus Sudjojo yang membuat produk tersebut sebagai Tergugat I dan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) selaku Tergugat II.

Tergugat Agus telah mendaftarkan merek dagang Chitty Chitty Bang Bang kepada Direktorat HAKI dengan Nomor registrasi IDM000121389 pada 7 September 2005 silam.

United Artists menjadi gerah, saat mereka ingin mendaftarkan Chitty Chitty Bang Bang di Indonesia pada 4 Mei 2009 silam dengan Nomor Agenda D00.2009.014542. Ternyata, merek dagang itu sudah terlebih dulu didaftarkan Agus.

United Artist yang diwakili oleh Ali Imron mengatakan merek itu telah diakui di berbagai dunia sebagai international brand, seperti, di Amerika Serikat, Kanada, serta Uni Eropa.

Oleh karena itu, ia meminta Pengadilan Niaga menyatakan pihaknya sebagai pemilik dan pendaftar pertama merek dagang Chitty Chitty Bang Bang, serta pembatalan kepemilikan hak merek yang dimiliki oleh Agus tersebut.

Sayangnya, Primair Online, belum berhasil menginfirmasi pihak tergugat. Pastinya, kata kuasa hukum
United Artist, majelis hakim pengadilan niaga direncanakan.

kutipan berita dari: kaskus the largest indonesia community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: