npm : 31207210 peraturan perundang-undangan perkonomian

Pasal 1

Pasal 33 UUD 1945 itu, dapat diketahui secara substansial ekonomi kerakyatan sesungguhnya mencakup tiga hal berikut:

    1. Adanya partisipasi penuh seluruh anggota masyarakat dalam proses pembentukan produksi nasional. Partisipasi penuh seluruh masyarakat dalam proses pembentukan produksi nasional ini sangat penting artinya bagi ekonomi kerakyatan. Dengan cara demikian seluruh masyarakat mendapat bagian dari hasil produksi nasional itu. Sebab itu, sebagaimana ditegaskan oleh Pasal 27 UUD 1945, “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.”
    2. Adanya partisipasi seluruh anggota masyarakat dalam turut menikmati hasil produksi nasional. Artinya, dalam rangka ekonomi kerakyatan, tidak boleh ada satu orang pun yang tidak ikut menikmati hasil produksi nasional, termasuk fakir miskin dan anak telantar. Hal itu dipertegas oleh Pasal 34 UUD 1945 yang mengatakan, “Fakir miskin dan anak-anak telantar dipelihara oleh negara.”
    3. Pembentukan produksi dan pembagian hasil produksi nasional harus berada di bawah pimpinan atau penilikan anggota masyarakat. Artinya, dalam rangka ekonomi kerakyatan, anggota masyarakat tidak boleh hanya menjadi objek. Setiap anggota masyarakat harus diupayakan agar menjadi subjek perekonomian.

KEPUTUSAN PRESIDEN TENTANG TIM KOORDINASI KERJASAMA EKONOMI SUB REGIONAl

Dalam upaya mendorong Kerjasama Ekonomi Sub Regional antar daerah daerah dari negara negara tetangga baik yang akan dikembangkan maupun yang selama ini telah dikembangkan melalui Kerjasama Pariwisata Indonesia Singapore, Segitiga Pertumbuhan Indonesia Malaysia Thailand, Wilayah Pertumbuhan Brunei Darussalam Indonesia Malaysia Philipina, Segitiga Pertumbuhan Indonesia Malaysia Singapore, dan Wilayah Pengembangan Indonesia Australia, perlu dibentuk Tim Koordinasi Kerjasama Sub Regional, yang selanjutnya dalam Keputusan Presiden ini disebut Tim Koordinasi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: